Apa sih Desain Komunikasi Visual?

        Halo guys, bagaimana nih kabar kalian hari ini? semoga selalu dalam kondisi yang baik seperti aku saat ini. Dan semoga kita semua diberkahi oleh Tuhan agar selalu terhindar dari segala mara bahaya, seperti pandemi Virus Corona yang saat ini melanda dunia.

        Dalam kesempatan kali ini aku mau menceritakan terkait Desain Komunikasi Visual. Apa sih sebenarnya Desain Komunikasi Visual????

        Nah, Desain Komunikasi Visual (DKV) ini sebenarnya adalah sebuah program studi desain yang ada di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi di bidang seni biasanya memiliki program studi ini dalam lingkungan perguruan tingginya. Namun, ada juga beberapa perguruan tinggi yang tidak berkonsentrasi dalam bidang seni juga membuka program studi ini. Salah satunya adalah Universitas Dian Nuswantoro yang sekarang menjadi tempatku menimba ilmu.

        Universitas Dian Nuswantoro atau yang lebih sering disebut Udinus ini berlokasi di Kota Semarang Jawa Tengah untuk kampus utamanya. Udinus juga tercatat sebagai perguruan tinggi swasta no. 1 di Jawa Tengah. Lebih-lebih lagi, Udinus sekarang telah membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Kediri. Alhamdulillah, Udinus membawa program studi DKV sebagai salah satu program studinya di kampus PSDKU. Hal ini menjadikan Udinus PSDKU Kediri menjadi perguruan tinggi pertama di Kota dan Kabupaten Kediri yang memiliki program studi DKV.

        Sekilas terkait DKV, jika kita lihat dari bahasa, mengutip dari KBBI Daring, Desain adalah sebuah kerangka bentuk atau rancangan. Komunikasi adalah sebuah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Sedangkan Visual adalah segala sesuatu yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata) atau hal-hal yang berdasarkan penglihatan.

        Dari pengertian DKV secara bahasa ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa Desain Komunikasi Visual adalah sebuah seni komunikasi yang dapat kita gunakan untuk menyampaikan sebuah pesan yang inginkan dengan visualisasi yang menarik. Keterampilan dalam penggunaan unsur-unsur seni dan desain yang digabungan untuk kepentingan periklanana, penjualan produk, infografis atau hanya sekedar untuk publikasi saja. 

        Ini adalah sekilas informasi terkait DKV, jika nanti ada kesempatan untuk menulis lagi, aku akan menjelaskan tentang DKV dari sudut pandang pelaku seni kreatif maupun penikmat karya. Jadi jangan lupa untuk selalu cek update terbaru dariku di blog ini ya. Salam sehat dan semoga apa yang saya tulis bernilai manfaat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan ya.

Komentar