Tahu Poo (Tahu Takwa dan Tahu Pong)


Kota Kediri terkenal dengan sebutan kota tahu karena tahu merupakan oleh-oleh yang terkenal di kota Kediri. Di kota Kediri terkenal dengan tahu takwa atau yang biasa disebut dengan tahu kuning. Sebenarnya di kota Kediri banyak berbagai macam tahu misalnya tahu pong, tahu Lym, tahu putih, dan tahu takwa atau tahu kuning. Tetapi yang sering di minati oleh masyarakat, baik masyarakat Kediri maupun luar Kediri sebagai oleh – oleh untuk keluarga  adalah tahu kuning atau tahu takwa.
            Tempat yang sering dikunjungi orang – orang  untuk membeli tahu takwa atau tahu kuning yaitu di toko Tahu Poo yang berada jalan Yos Sudarso no. 92 Kediri. Orang – orang yang sehabis pulang rekreasi atau orang yang tengah pulang dari kota tidak lupa untuk membeli oleh – oleh khas asli Kediri yaitu tahu takwa atau tahu kuning. Tahu takwa atau tahu kuning merupakan makanan khas asli kota Kediri. Hampir setiap hari toko tahu Poo selalu ramai dengan pengunjungnya padahal di deretan toko tersebut terdapat banyak toko yang berjualan oleh-oleh terutama makanan yang terkenal dikota Kediri.
            Sebenarnya aneka tahu di kota Kediri itu berbeda – beda ada tahu Takwa dan tahu Pong. Perbedaanya dari tahu takwa atau tahu kuning itu dari tekstur tahunya yang lebih lembut, kenyal dan pewarnanya alami asli dari kunyit. Bentuknya tahu takwa atau tahu kuning segi empat dan agak berbentuk pipih. Rasa dari tahu takwa atau tahu kuning itu lezat, gurih, dan baunya lebih harum. Tahu tersebut bisa dimakan langsung atau dimasak. Biasanya tahu takwa atau tahu kuning bisa di goreng, bisa juga di jadikan campuran sayur.
Walaupun hanya di goreng saja rasanyapun tetap enak dan gurih. Apalagi kalau di campurkan dengan sayur lebih enak lagi dan mantap rasanya. Harga tahu takwa atau tahu kuning 24 ribu bisa terjangkau oleh masyarakat.
Isi tahu takwa atau tahu kuning 10 biji yang biasanya  dikemas dalam anyaman bambu atau bisa disebut dengan besek. Ciri khasnya tahu pong bedanya kalau di goreng tengahnya mengembung atau bisa disebut dengan kopong atau kosong. Tahu pong tersebut mempunyai tekstur yang padat dengan pori – pori besar. Tahu pong jika di goreng mempunyai warna kulit yang  kecokelatan dan renyah.  Tahu  pong   yang cocok  diolah untuk camilan maupun  untuk campuran masakan  berkuah. Dan satu lagi yaitu stik tahu adalah salah satu produk andalan masyarakat Kediri.
Tahu takwa atau tahu kuning bisa bertahan beberapa hari jadi bisa dibawa ke luar kota. Padahal toko tahu di kota Kediri berderet – deret di jalan Yos Sudarso tetapi yang banyak di kunjungi oleh pembeli hanya di toko tahu Poo. Toko tahu Poo selalu ramai banyak pembeli dan tidak pernah sepi. Tahu takwa atau tahu kuning khas Kediri ini bisa direndam air panas jika akan dibawa keluar kota. Jika ingin membeli tahu takwa atau tahu kuning kunjungilah kota Kediri di jalan Yos Sudarso no.92 Kediri.
            Tahu takwa atau tahu kuning makanan yang bergizi tinggi, terbuat dari kedelai pilihan. Tak perlu diragukan lagi kalau masyarakat sudah mempercayainya sejak dulu. Itulah tahu takwa atau tahu kuning.

Komentar